Business Plan

Ketika ide untuk memulai usaha muncul, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan. Untuk memulai suatu usaha diperlukan suatu rencana yang matang untuk memperkecil risiko, yaitu apa yang diharapkan terjadi tidak meleset dengan kenyataannya atau hanya menyimpang sedikit dari yang diperkirakan. Awal dari pembuatan perencanaan dan penciptaan bisnis ini adalah harus adanya ciri pribadi yang memiliki jiwa enterpreneurship/kewirausahaan dalam melakukan penciptaan yang kreatif.

 

Menurut Bygrave, 1994 : 441 (dalam Buchari Alma, 2006 : 198) mendefinisikan Business Plan sebagai dokumen yang disediakan oleh enterpreuner yang memuat rincian tentang masa lalu, keadaan sekarang dan kecenderungan masa depan dari sebuah perusahaan. Isinya mencakup analisis tentang manajerial, keadaan fisik bangunan, karyawan, produk, sumber permodalan, informasi tentang jalannya perusahaan selama ini dan posisi pasar dari perusahaan – See more at: http://moru1.blogspot.com/2013/03/pengertian-business-plan.html#sthash.QIEI9Me5.dpuf

dari apa yang telah diutarak di atas jadi dalam kita memulai suatu usah kita perlu adanya suatu rancangan yang sistematis tentang apa yang akan kita kerjakan sehingga akan memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan yang diharapkan dapat berjalan dengan baik dan meraih kesuksesan.
berikut contoh business plan yang saya buat saat perkuliahan ilmu pemasaran
PRODUK KAOS BATIK BOLA

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: