selama ini saya mengira bahwa akuntansi itu cuma ada dua yaitu perusahaan jasa dan perusahaan dagang
ternyata setelah kuliah baru tahu kalo akuntansi itu bukan cuma itu saja, pada awal nya sempat shock karena saya berasal dari MAN  selama di MAN dulu cuma dapat materi akuntansi perusahaan jasa dan perusahaan dagang, ternyata setelah kuliah baru tahu akuntansi itu banyak sekali ada akuntansi biaya, akuntasi keuangan menengah, akuntansi keuangan lanjut dan yang satu ini akuntansi perbankan yang akan saya bahas pada posting kali ini.

akuntansi perbankan diartikan sebagai seni pencatatan, pengklasifikasian dan pengikhtisaran dengan cara yang sepatutnya dan dalam satuan uang atas transaksi dan kejadian yang setidak-tidaknya sebagian mempunyai sifat keuangan serta penginterpretasian hasil dari pencatatan tersebut.

dari pengertian akuntansi diatas tidak beda dengan pengertian akuntansi pada umumnya yang menitik beratkan pada pencatatan, pengklasifikasian dan pengikhtisaran,  akuntansi perbankan menurut saya hampir mirip dengan akuntansi perusahaan dagang mungkin yang membedakan hanya pada lembaganya dimana yang satu perusahaan dagang dan yang satunya bank (“lol sudah jelas kali haha”) , yang  membedakan selanjutnya nama jurnal/ buku yang digunakan dan juga akun-akun yang tercantum didalam nya ( heeeh kalo gt mah beda semua dong mirip dimana nya nih..?,) ( iya ya kalo gitu beda ya), tapi selama pegalaman saya menimba ilmu di salah satu PTS di salah satu Kota Budaya di Jawa Tengah memang nama akun dan juga buku yang di gunakan beda tapi pada prinsipnya sama dimana kita harus mengidentifikasi akun-akun itu kemudian kita kelompokan akun2 tersebut kedalam jurnal atau buku yang sudah di siap sebelumnya. jadi jika sebelumnya kita sudah memahami tentang akuntansi perusahaan dagang maka akan dengan mudah kita bisa memahami tentang akntansi perbankan ini. untuk mempermudah belajar akuntansi perbankan saya punya materi yang saya peroleh selama kuliah.

MATERI AKUNTANSI PEBANKAN
Akuntansi diartikan sebagai seni pencatatan, pengklasifikasian dan pengikhtisaran dengan cara yang sepatutnya dan dalam satuan uang atas transaksi dan kejadian yang setidak-tidaknya sebagian mempunyai sifat keuangan serta penginterpretasian hasil dari pencatatan tersebut. Aplikasi Akuntansi Perbankan

  • TUJUAN LAPORAN BANK

Tujuan adanya laporan Keuangan adalah memberikan informasi keuangan yang dapat :

• dipercaya mengenai posisi keuangan perusahaan

• dipercaya mengenai hasil usaha perusahaan selama periode akuntansi tertentu.

• membantu pihak yang berkepentingan untuk menilai atau meng-interpretasikan kondisi dan potensi perusahan disesuaikan dengan kebutuhan pihak-pihak yang berkepentingan dengan laporan keuangan yang bersangkutan.

Bentuk laporan yang dihasilkan dalam perusahaan termasuk bank terdiri :

1. Laporan Neraca,

2. Laporan perhitungan laba rugi

3. Laporan perubahan posisi keuangan

Bagi bank ada laporan tambahan untuk menyimpan data yang belum mempengaruhi Neraca, namun sudah harus di perhitungkan oleh pihak Bank, yaitu:

Laporan Rekening Administrasi.

  • AKTIVA / ASSET

Yaitu alokasi atau penggunaan dana (use of Fund)

• Monetary Assets,

Yaitu uang tunai, surat berharga, tagihan-tagihan

• Non Monetary Asset

Yaitu gedung (fixed Asset), inventaris kantor

  • PASIVA

Yaitu Sumber dana

•Volatile liability,

yaitu sewaktu-waktu di tagih

Giro, Tabungan, Deposito Jatuh tempo

•Non Volatile liability,

Yaitu Deposito belum Jatuh tempo, Modal Akuntansi Perbankan

  • PRINSIP PENJURNALAN LAPORAN LABA RUGI PENDAPATAN

( + ) Kredit

( – ) Debet

  • BIAYA

( – ) Debet

( + ) Kredit

  • PERSAMAAN AKUNTANSI PERBANKAN :

AKTIVA = PASIVA

HARTA = KEWAJIBAN + MODAL

untuk file lengkapnya bisa didownload disini